Takoyaki

IMG_20160409_163732

Kalau jalan jalan dan ada takoyaki booth, anak anak pasti langsung minta beli dengan wajah memelas…akhirnya kami(saya dan anak anak) memutuskan untuk membuat sendiri takoyaki di rumah. Setelah browsing browsing inilah resep yang kami ikuti. Dengan catatan budget seadanya dan tempat belanja sebatas warung sekitar rumah 🙂

Resep Adonan :
1 gelas tepung terigu
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh baking powder
2 butir kuning telur
1 butir putih telur
(2 butir telur satu buang putihnya)
1 gelas kaldu ayam (karena tidak ada ayam akhirnya saya pakai kaldu ayam bubuk)

Isian :
sosis dipotong kotak kotak

Pelengkap :
Mayones dan saus siap pakai

Cara membuat :
Kocok telur, masukkan sedikit demi sedikit kaldu ayam sambil terus dikocok. Sementara itu campur terigu, garam, dan baking powder. Tuang kocokan telur sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Jika kurang encer tambahkan air.

Karena yg mengerjakan anak anak, adonan kami berbulir bulir tidak rata, jadi saya pakai saringan besar untuk menyaring adonan sambil menghancurkan terigu grindilan tadi.

Cara Masak:
Masukan adonan dengan gelas ukuran (yg ada corongnya) ke cetakan setengahnya yg sudah diolesi minyak goreng, masukan isian. Setelah agak matang, gunakan satu buah sumpit untuk memiringkannya, tambahkan adonan sampai jadi bulat. Biarkan matang.

Sajikan panas dengan cocolan mayones dan saus.

Note :
Anak anak bilang rasanya l.u.m.a.y.a.n. ga seenak yg dibeli…
untung satu resep jadinya hanya dua loyang 🙂 Anak anak antusias bikin, tapi ga terlalu antusias makannya, walaupun habis karena ga ada makanan lain..
Saat cerita sama kakak yg lama mukim di jepang, abis deh diketawain. Katanya takoyaki itu yang bikin khas enaknya adalah bubuk ikan yg dimasukan ke adonan, potongan gurita(tako), saus semacam barbeque ikan dan katsu obushi yang ditabur diatasnya hahaha…ini yang dibikin sama sekali ga ada unsur lautnya ya 😥
btw saya juga baru tau kalau “tako” itu artinya gurita..:)

Sosisyaki

IMG_20160409_164041

Tinggalkan komentar