Film Kartun Keluarga

Image

Minggu ini nonton sebuah DVD film kartun keluarga yang judulnya CLOUDY with a chance of MEAT BALLS. In my opinion, film ini gambarnya bagus banget dan delicious karena menggambarkan banyak makanan en bagus sebagai film keluarga dan ditonton dengan anak-anak, kecuali bagian “kissing scene” yang selalu nyaris gagal, tapi terjadi juga di akhir bagian filmnya.

Menceritakan sebuah pulau yang saking kecilnya ia terlihat seperti titik dibawah huruf “A” pada “Atlantic Ocean” di peta. Sehingga walikota ingin membuat kota nya terkenal di seluruh dunia dan akhirnya menjadikannya sebagai tokoh jahat dalam film ini. Pulau ini jg diceritakan terjebak dalam situasi dimana mereka harus memakan ikan sarden yg berlimpah di pulaunya, dan mereka bosan selalu makan ikan sarden.

Tokoh baiknya adalah Flint, seorang penemu muda yang terobsesi menemukan sesuatu yg dapat membantu orang-orang sekitarnya, namun sejauh ini belum ada penemuannya yang dianggap berhasil, bahkan ia selalu membuat kekacauan. Diantara penemuannya adalah alat pembaca pikiran monyet. Tokoh baik lainnya adalah Sam, reporter ramalan cuaca yang dulunya juga seorang kutu buku. Selain itu tentu ada tokoh lain seperti monyetnya flint, pak polisi, brent yang suka nge-bully flint,  dan camera man yang bikin film ini jadi lucu.

Selain dari kelezatan menonton film ini karena kita akan melihat (dan kemudian membayangkan..) hamburger, steak, hotdog, ice cream, spageti, dan baso yang jatuh dari langit (Wow..), sebenarnya hal yang paling menarik adalah kekakuan hubungan antara flint dan ayahnya. Ayahnya flint memiliki toko yang menjual sarden dan peralatan menangkap sarden, sepertinya ia mantan penangkap sarden (nelayan) juga. Flint memang sudah menjadi penemu sejak kecil, dan ketika ia menghadapi sesuatu yang berat, ibunya selalu memberikan semangat sedangkan ayahnya yang pendiam selalu memberikan fishing metaphor yang tak pernah dimengerti anaknya. Setelah ibunya meninggal, hubungan ayah dan anak ini semakin dingin.

Saat penemuan flint atas alat pengatur hujan makanan dipuji banyak orang, ayahnya malah merasa khawatir. Flint menganggap ayahnya memang sulit untuk dipuaskan dan tak pernah mendukungnya. Ternyata kekhawatiran ayahnya ini terbukti saat terjadi tornado spageti dan ukuran makanan yang jatuh menjadi sangat besar.

Setelah perjuangan dengan satelit pembuat hujan buatannya sendiri dan ternyata seluruh penemuannya terpakai untuk menyelamatkan dunia, tibalah pada BEST SCENE, yaitu:

Saat ayahnya flint mendekati anaknya…saling terdiam…, lalu sang ayah terbata-bata memulai sebuah fishing metaphor. Sam sang reporter mengambil penerjemah pikiran monyetnya flint dan memakaikannya pada si ayah. Dan alat pembaca pikiran itupun berbicara…

I’m proud of you, flint. I’m amazed that someone as ordinary as me could be a father of someone as extraordinary as you.

You are talented. You’re a total original, and your lab is breath taking.

Your mom, she always knew that you were going to be special. If she were alive today, she’d tell us both:  “ I told you so”.

Now look, when I take this things out and you hear me making a fish metaphor, just know that fishing metaphor means: “I LOVE YOU SON”.

Hua..hua…bener2 mengharukan. Kadang sulit bagi orangtua mengatakan rasa cintanya pada anak, dan sering diartikan pengekangan atau ketidakpuasan oleh anak. Apalagi dalam budaya kita yang tidak terbiasa bilang “cinta” atau “sayang” pada anak, bahkan dialog anak dan orangtua pun kadang berbatas tata sopan santun. Tapi kadang rasa itu harus diungkapkan, baik oleh orangtua pada anak, maupun oleh anak pada orangtua. Sehingga, kita tidak perlu pakai pembaca pikiran monyet buatannya flint kan?

Di musim liburan kenaikan kelas tahun ini, selain film ini kami juga menonton beberapa film kartun lain. Beberapa yang bagus dan recommended, yaitu “up” (Bagus bangeet) dan Mega Mind (bagus).

About these ads

One thought on “Film Kartun Keluarga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s